Menurut data yang dikeluarkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet di Indonesia (APJII) pada tahun 2017 penetrasi pengguna internet di Indonesia sebanyak 143,26 juta jiwa. Saat ini dengan total populasi penduduk di Indonesia mencapai 262 juta jiwa, artinya setengah lebih penduduk Indonesia telah menggunakan internet (54,68%).

Internet memang menjadikan perilaku masyarakat berbeda dan lebih mudah dibandingkan dengan sebelum adanya internet. Dengan adanya internet kita lebih mudah untuk mencari sebuah informasi dan lainnya. Jangan kaget jika terdapat berita atau informasi di belahan dunia barat, dan sekian detik kemudian informasi tersebut sudah sampai di telinga kita.

Menariknya lagi adalah dari jumlah pengguna tersebut, mereka saat mengakses internet didominasi dengan menggunakan smartphone atau ponsel pintar. Jika dulu ponsel penggunaannya hanya untuk berkomunikasi seperti telepon dan mengirim pesan, tapi sekarang lebih dari sekadar itu.

Perangkat yang Dipakai Mengakses Internet
Perangkat yang Dipakai Mengakses Internet

Sekarang ini di dalam ponsel pintar sudah mencakup semuanya. Mulai dari mencari informasi melalui internet, obrolan pesan (chat), video call, memesan makanan, memesan ojek, merekam suara, memotret bahkan untuk menunjang pekerjaan sehari-hari seperti mengirim dan menerima email, dan lain sebagainya. Seakan dunia dalam satu genggaman.

Data dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat bahwa saat ini terdapat 24 perusahaan manufaktur komponen produk ponsel tablet di dalam negeri. Sedangkan hasil catatan dari e-Marketer, diprediksikan pengguna smartphone di Indonesia pada tahun 2018 sebanyak 100 juta orang.

Dengan banyaknya pengguna smartphone di Indonesia, serta banyaknya jenis dan model smartphone yang beredar di pasaran, membuat masyarakat terkadang bingung ingin membeli smartphone yang mana. Sudah hal yang umum bahwa produsen smartphone terus bersaing untuk menciptakan smartphone terbaiknya agar bisa menjaring pengguna sebanyak-banyaknya.

Kebingungan dan permasalahan masyarakt tersebut kini mendapatkan solusinya dengan adanya situs majalah gadget terupdate di Indonesia bernama Smartphoneku. Startup ini dapat membantu masyarakat untuk mencari informasi dengan lengkap mengenai smartphone. Dari spesifikasi, fitur, harga, dan lain sebagainya.

Tampilan Smartphoneku
Tampilan Smartphoneku

Situs ini juga mempermudah masyarakat ketika ingin mendapatkan infromasi smartphone dengan mudah. Karena di dalamnya selain memberikan informasi yang detil, seperti sistem operasi, Layar, RAM, Kamera, Prosesor, hingga harga. Tak hanya itu, di smartphoneku juga terdapat ulasan yang masyarakat butuhkan. Tentunya Smartphoneku tidak hanya mengulas satu jenis merek smartphone saja, melainkan dari berbagai merek dan jenis smartphone.

Dalam navigasi situs ini juga sangat memudahkan masyarakat karena smartphoneku mengelompokkan merek tersebut terpisah. Misalnya Anda ingin mencari smatphone merek Xiaomi, maka Anda cukup mengklik merek tersebut. Maka akan muncul berbagai model merek Xiaomi serta ulasannya.

Startup jenis ini sangat dibutuhkan, karena jika masyarakat awam mengenai smartphone yang ingin dibeli, maka bisa jadi ia akan rugi. Tidak mau kan jika Anda membeli smartphone dengan harga tinggi, akan tetapi spesifikasi serta prosesornya ternyata tidak sepadan dengan harganya.

Dengan adanya smartphoneku Anda juga bisa mendapatkan informasi setiap saat. Yang terpenting terdapat sambungan internet. Selain informasi mengenai smartphone serta spesifikasinya, di smartphoneku juga menghadirkan tutorial (panduan) dan juga berita perkembangan dunia smarthpone. Mengakses situs ini, akan memperkaya pengetahuan Anda tentang dunia gadget.