Saat traveling atau liburan ke luar negeri, traveler muslim terkadang sulit untuk menemukanan restoran atau tempat makan yang menyediakan menu halal. Bahkan keluhan seperti ini sering diungkpakna oleh traveler muslim asal Indonesia, dan negara-negara muslim lainnya. Oleh karena itu, baru-baru ini HHWT bekerja sama dengan Microsoft meluncurkan Sofia, sebuah chatbot yang bisa membantu traveler muslim menemukan makanan hala di luar negeri.

Kehadiran Sofia ini berawal dari pengalaman Mikhail Goh, saat ia memutuskan belajar di Korea Selatan lima tahun lalu. Dalam pikiran Mikhail, ia tak akan sulit menemukan makanan halal di negara Korea Selatan. Akan tetapi, pemikiran Mikhail ternyata salah.

Ternyata mencari sajian Halal di Korea Selatan ternyata tidak semudah saat ia berada di negara Singapura. Karena di negara Singapura telah disediakan situs web seperti HungryGoWhere.

“Jika ada situs web yang membicarakan makanan halal di Korea Selatan, tempat makan tersebut sulit untuk ditemukan, atau setiap informasi yang kutemukan kurang berguna,” cerita Mikhail.

Dengan permasalahan yang dialami oleh Mikhail, maka ia bersama istrinya dan dan teman baiknya membuat Have Halal, Will Travel (HHWT). HHWT merupakan platform yang mampu membantu traveler muslim untuk bisa melakukan perjalanan sendiri tanpa ada pemandu wisata.

HHWT menghadirkan artikel tentang bagaiamana menemukan makanan lokal halal di berbagai negara, seperti Hong Kong, Thailand, Jepang, Korea Selatan dan negara-negara lain. Selain itu artikel-artikelnya hasil dari komunitas kontributor dari berbagai belahan negara di dunia. Para kontributor kebanyakan mereka yang tinggal atau yang pernah traveling di negara yang mereka tulis.

Hingga saat ini, HHWT telah menjangkau lebih dari sembilan juta muslim di negara Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Setiap bulannya, pengunjung platform ini terus bertambah. Maka dari itu HHWT mengembangkan chatbot bernama Sofia. Chahtbot ini menggabungkan teknologi awan Azure dari Microsoft dan teknologi Language Understanding Intelligence Services (LUIS).

Sofia akan menjawab hampir semua pertanyaan dari Traveler dan online setiap saat, tentunya melalui platform HHWT.

“Kami menciptakan Sofia, sederhananya karena orang-orang menanyakan kepada kami pertanyaan-pertanyaan yang kami rasa dapat dijawab dengan mudah melalui otomasi,” tutur mikhail.

Jadi, untuk para traveler muslim yang ingin menemukan makanan halal di luar negeri, sekarang lebih gampang dan tidak usah khawatir, ya.