Quora, platform tanya-jawab kini meluncurkan versi bahasa Indonesia pada 30 Mei 2018. Sebelumnya platform ini hadir di Indonesia menggunakan bahasa inggris. Jika Anda mengakses Quora, saat ini tersedia pilihan untuk menggunakan bahasa Indonesia. Versi ini merupakan versi pertamanya di Asia Tenggara.

Quora dengan mesin pencari Google tentunya berbeda. Meskipun sampai sekarang Google menjadi mesin pencari jawaban paling utama. Sebab misi Quora berbeda dengan Google.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Veni Johanna, Engineering Managager Quora, bahwa misinya adalah mempertemukan orang yang memiliki pertanyaan dengan orang yang memiliki jawaban.

“Misi Quora berbagi dan mengembangkan pengetahuan dunia, mempertemukan orang yang mempunyai pertanyaan dengan orang yang mempunyai jawaban,” jelasnya.

Quora versi bahasa Indonesia dapat diakses melalui id.quora.com. Anda juga dapat mengunduh aplikasi Quora di Google Play Store dan Apple App Store.

Quora hadir dari keinginan Adam D’Angelo guna menjamin kredibilitas dari berbagai jawaban yang ada di internet. Berbeda dengan mesin pencari seperti Google, karena setiap orang dapat bertanya, lantas mesin akan mengarahkan ke beberapa situs misalnya Wikipedia, blog, website, berita atau yang memiliki artikel jawaban. Dan selain itu setiap orang bisa membuat artikel (jawaban) tanpa validasi.

Quora didirikan pada 2009 setelah D’Angelo hengkang dari Facebook sebagai Chief Technology Officer (CTO) Facebook. Quora dirilis setahun setelah didirikan, dan sampai saat ini terdapat lebih dari 200 juta orang di dunia mengunjungi Quora setiap bulannya.

Untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, Quora sangat hati-hati dan mementingkan kredibilitas yang harus dipenuhi oleh pengguna. Misalnya dengan membuat kebijakan nama asli, kredensial dan biografis, sampai tautan ke akun media sosial.

Hingga saat ini Quora selain hadir dalam bahasa Indonesia, Quora juga tersedia dalam bahasa Jerman, Italia, Spanyol, bahkan sampai Jepang.

Versi Bahasa Indonesia diluncurkan karena Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial bagi perkembangan Quora. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Venni,

“Ada lebih dari 200 juta orang di dunia berbahasa Indonesia. Itu sangat potensial,” ujarnya.