Pada Jumat, 5 Juli 2018, OVO, startup fintech dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia mengumumkan atas kerjasamanya dengan beberapa perusahaan seperti Alfamart, Grab, Bank Mandiri, dan Moka. Kerjasama ini merupakan bentuk kerja sama yang telah lebih dulu dijalin dengan jaringan Lippo.

Setelah resmi diluncurkan kurang dari satu tahun, OVO kini telah tersedia di lebih dari 60 juta ponsel dan tersebar di 212 kota dengan lebih dari 350.000 gerai di Indonesia. OVO merupakan penyedia layanan pembayaran yang bisa digunakan di berbagai gerai fisik maupun online. Di antaranya seperti hypermarket, department store, coffee shop, bioskop, penyedia parkir, jaringan rumah sakit, dan lain sebagainya.

Melalui kerja sama ini, pengguna dapat menambah saldo atau top-up wallet OVO di ATM Mandiri, jaringan Affamart, dan pengemudi Grab di seluruh Indonesia.

“Dengan pengumuman kerjasama ini, OVO akan menjadi dompet digital yang universal di Indonesia. Berkat ekosistem terbuka kami, kami dapat berada di posisi ini dalam kurun waktu kurang dari satu tahun sejak peluncuran. Kami bekerja sama dengan mitra untuk menciptakan kepercayaan akan transaksi non-tunai bagi konsumen Indonesia dan membantu mempercepat transformasi Indonesia menuju ekonomi digital,” jelas ANdrian Suherman, President Director OVO.

Kerja sama dengan Bank Mandiri ini adalah momen penting bagi OVO agar dapat diterima luas oleh seluruh pengguna di Indonesia. Sebanyak 300.000 merchants di seluruh Indonesia yang menggunakan pembayaran melalui perangkat Mandiri, otomatis akan dapat menerima pembayaran melalui aplikasi OVO. Ke depan, OVO Wallet juga akan bisa top-up di selurih jaringan elektronik dan ATM Bank Mandiri.

Selanjutnya kerjasama dengan Affamart akan memungkinkan pengguna OVO melakukan top-up, membayar, dan juga tarik tunai di 14.000 gerai ALfamart di seluruh Indonesia.

Kerjasama OVO juga dilakukan dengan Grab. Sebelumnya OVO wallet telah tersedia di aplikasi Grab, OVO wallet juga sudah tersedia untuk layanan Grab Ekspress dan GrabFood.

Yang terakhir adalah kerjasama dengan Moka. Moka adalah startp yang membantu UMKM mulai dari toko pakaian, food truck, yakni dengan mengganti kasir tradisional dengan sistem yang beroperasi di iOS maupun Android. Kerjasama ini akan membuat OVO tresedia di platform Moka di seluruh Indonesia.

Dengan inovasi yang dilakukan OVO akan membuat peta startup fintech di Indonesia akan lebih menarik. Karena beberapa tahun terakhir ini sebagian besar startup yang muncul di Indonesia adalah startup kategori fintech.