Sudah tahu kan bahwa bulan ini, Asian Games 2018 dilaksanakan. Dengan persiapan yang sudah lama dan dilakukan dengan serius, harapannya perhelatan pesta olahraga terbesar di Asia ini akan sukses. Indonesia sebagai tuan rumah, sudah menyiapkan dari jauh-jauh hari, di semua bidang.

Tidak hanya mempersiapkan para atlet-nya saja yang akan bertanding, tapi Indonesia juga menyiapkan berbagai hal untuk keberlangsungan Asian Games 2018. Mulai dari infraksturtur pembangunan, seperti transportasi, tempat atau stadion, dan juga di bidang pemanfaatan teknlogi.

Dengan majunya teknologi seperti sekarang, Asian Games tentu dituntut untuk menggunakan teknologi yang canggih dan terkini. Untuk itu, pihak penyelanggara telah mempersiapkan beberapa teknlogi canggih untuk mendukung suksesnya Asian Games 2018 di dua kota, Jakarta dan Palembang.

Apa saja sih teknologi tersebut? Yuk simak artikel StartupDaily di bawah ini. Semoga dengan canggihnya teknologi yang ada di Asian Games, akan membuat Indonesia menciptakan sejarah baru.

Sistem Ticketing

Ticket Asian Games 2018
Ticket Asian Games 2018

Sebelum membahas teknologi yang lain, kita akan bahas mengenai sistem ticketing yang ada di Asian Games. Sebab tiket adalah salah satu hal penting dalam penyelenggaraan suatu event, apalagi sekelas pesta olahraga terbesar se-Asia.

Indonesia Asian Games 2018 Organizing Commite (INASGOC) sebagai penyelenggara dan penanggungjawab Asian Games 2018, telah menerapkan sistem e-ticekting. Hal ini untuk mengantisipasi adanya tiket palsu yang beredar dan juga untuk menghilangkan calo tiket. Sistem E-ticketing dijual dalam bentuk voucher dan dilengkapi dengan QR Code.

Ketika sudah membeli tiket, kamu bisa menukar di lokasi dengan tiket fisik atau thermal ticket. Nah untuk mengantisipasi adanya calo, maka INASGOC juga menerapkan bahwa pendaftar harus menggunakan KTP atau SIM.

Proyektor Canggih

Pada upacara pembukaan Asian Games yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 18 Agustus nanti, INASGOC telah menyiapkan proyektor yang canggih disertai dengan tata lampu yang spektakuler.

Panggung Opening Ceremony
Panggung Opening Ceremony

Nantinya pada upacara pembukaan Asian Games, akan mempertunjukkan konsep keindahan alam dan keragaman budaya tanah air. Konsep keindahan ini adalah dengan tanaman sebanyak 12.775 dan juga bunga yang menghiasi area 1.350 meter persegi.

Jaringan 5G

Jaringan 5G di Asian Games 2018
Jaringan 5G di Asian Games 2018

Nah ini salah satu teknologi yang paling canggih. Jadi para pengunjung di Stadion Utama Gelora Bung Karno saat menonton pertandingan Asian Games akan bisa menikmati layanan jaringan 5G.

Kamera Hawk Eye

Di gelaran Asian Games 2018 ini semakin menarik lagi, karena pada pertandingan bulutangkis akan dilengkapi dengan kamera hawk eye atau mata elang. Teknologi ini akan membantu wasit maupun hakim garis untuk melihat lintasan shuttlecock dari berbagai sudut pandang. Keren bukan?

Sistem Kemanan

Kemaanan menjadi salah satu concern di Asian Games 2018. Untuk itu, pihak penyelenggara telah menghadirkan sebanyak 250 kamera CCTV yang dipasang di dalam maupun di luar stadion dan akan dipantau selama 24 jam. Kecanggihan CCTV ini adalah bisa menangkap gambar hingga 7K dan akan terhubung dengan sistem pengenal wajah di pusat kendali.

Selain itu, sistem juga akan terhubung langsung dengan databse. Misalnya ada teroris yang sudah masuk dalam daftar Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) dan Densus 88 Antiteror, akan langsung terdeteksi.

Nah itulah beberapa teknologi canggih yang digunakan di Asian Games 2018. Dengan kecanggihan teknologi di atas, semoga Asian Games bisa berjalan dengan lancar.