Instagram saat ini menjadi salah satu media sosial favorit pengguna internet di dunia maupun di Indonesia. Media sosial yang satu ini telah tumbuh dan berkembang dengan pesat, serta bisa dijadikan ladang untuk mencari uang.

Bukan hal yang aneh lagi jika instagram kini dijadikan tempat untuk berjualan, mulai dari pakaian, asesoris, hingga peralatan rumah tangga. Online shop, khususnya di platform instagram telah menjadi tempat yang banyak digunakan oleh penjual online. Bahkan instagram menjadi pilihan utama untuk berjualan di instagram.

Mudahnya menggunakan dan berjualan di instagram, membuat banyak orang terjun di bisnis online. Berjualan di instagram jika kita lihat memang mudah, tinggal posting produk yang dijual. Namun, ternyata bukan semudah yang kita bayangkan. Sebab berjualan di isntagram itu perlu tips dan trik khusus agar produk yang kita jual bisa laku.

Untuk itu, StartupDaily akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu terapkan pada bisnismu di instagram.

Foto dengan Angle yang Pas
Kekuatan utama instagram adalah pada gambar atau foto yang diposting. Untuk itu, kamu harus memperhatikan dengan detil saat akan mengambil foto.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan foto yang bagus adalah dengan menggunakan kamera yang ciamik. Kamu bisa pakai kamera profesional nikon untuk menghasilkan foto terbaik.

Dengan foto yang bagus akan membuat pengikut maupun calon pembeli akan terpikat dengan produk yang kamu jual.

Edit Foto dan Gunakan Efek yang Sesuai
Setelah kamu memotret, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah proses editing. Proses ini memang membutuhkan waktu yang lumayan lama.

Saat ini ada banyak aplikasi edit foto yang bisa kamu gunakan. Mulai dari snapseed, VSCO, Pics art, dan lain sebagainya. Di aplikasi tersebut terdapat banyak pilihan yang bisa kamu gunakan. Yang terpenting adalah edit sesuai dengan produk dan jangan berlebihan. Oh ya, ketiga aplikasi yang disebutkan di atas semuanya adalah gratis.

Posting Foto Berkala dan Konsisten
Berkala dan konsisten adalah hal yang sulit dilakukan. Oleh karena itu, jika ingin melejitkan bisnis di instagram, kamu bisa melakukan dengan membuat postingan secara berkala.

Kamu bisa posting misalnya dalam sehari 2 kali postingan. Maka kamu harus bisa mengatur waktu untuk melakukan hal ini. Dengan postingan yang berkala, maka pengikut instagrammu akan banyak yang melihat profilmu.

Cari Followers yang Banyak
Asiknya media sosial ini adalah bisa mecari folowers sebanyak-banyaknya. Tidak dianjurkan untuk membeli followers, karena akan percuma dan malah membuat akun instagrammu terlihat kurang bagus. Engament-nya sangat kecil. Saat ini followers itu sangat penting.

Memakai Hastag yang Relevan
Nah, ini adalah salah satu hal penting dalam penggunaan instagram. Dengan menggunakan hastag yang sesuai akan membuat akun instagrammu semakin dikenal oleh orang lain.

Menggunakan hastag juga akan meningkatkan like. Namun yang perlu diingat adalah, gunakan hastag yang sesuai dengan postingan maupun produk yang kamu jual.

Promosi & Endorsment

Kamu sebagai pelaku bisnis online harus mampu untuk melakukan promosi baik berbayar maupun tidak berbayar. Jika kamu memiliki modal untuk promosi, kamu bisa dengan menggunakan jasa endorsment. Pilah dan pilih selebgram yang tepat untuk produkmu.

Menggunakan jasa endorsement itu harus kamu lakukan dengan tepat. Cari selebgram yang cocok untuk produkmu. Jangan asal memilih instagram, daripada kamu sudah mengeluarkan banyak modal, malah tidak tepat sasaran.

Nah itulah beberapa tips meningkatkan jualan di instagram bagi pemula. Semoga dengan membaca artikel ini, jualanmu bisa lebih baik lagi dan omsetnya semakin melejit.