Kesuksesan adalah salah satu tujuan dalam hidup banyak orang. Hal ini juga ketika mendirikan startup. Namun meraih kesuksesan juga tak semudah yang Anda bayangkan. Terdapat kerja keras dan tim yang solid serta kreativitas yang tinggi untuk sukses dalam menjalankan bisnis startup.

Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai 5 pendiri startup sukses di kancah startup tanah air. Dan startup yang didirikan malah beberapa di antaranya ada yang sudah menembus sebagai startup unicorn.

Natali Ardianto
Jika Anda seorang yang suka bepergian atau menginap di hotel, maka Anda tak akan asing dengan Tiket.com. Tiket adalah layanan booking online untuk transportasi, event, hotel, maupun rental mobil. Startup ini didirikan oleh Natali Ardianto. Sebelum mendirikan Tiket, ia bersama teman-temannya juga mendirikan Urbanesia dan Golfnesia. Namun sejak tahun 2011, Natali Ardianto telah mendirikan startup Tiket.com hingga sekarang.

Ahmad Zaky
Ahmad Zaky adalah pria lulusan ITB yang memiliki cita-cita awal ingin mendapatkan gaji besar. Pria kelahiran Sragen, Jawa Tengah ini adalah pendiri salah satu Marketplace terbesar di Indonesia, yakni Bukalapak. Pada saat kuliah ia tertarik untuk menekuni dunia bisnis. Oleh karena itu ia mendirikan bisnis. Tentunya sebelum mendirikan Bukalapak, Ahmad Zaky telah berkali-kali membangun usaha. Akhirnya setelah sekian usaha yang didirikan, kini ia sukses dengan Bukalapak. Bahkan Bukalapak sekarang menjadi salah satu perwakilan startup unicorn dari tanah air.

Nadiem Makarim
Masyarakat Indonesia khususnya yang tinggal di kota-kota besar sebagian besar pasti mengenal Nadiem Makarim dn menggunakan layanan yang ia dirikan. Nadiem adalah pendiri Go-Jek. Perusahaan teknologi yang memiliki layananan transportasi, logistik, pembayaran, layan-antar makanan, dan lainnya. Go-Jek menjadi salah satu bentuk kesuksesan startup dari tanah air. Hingga saat ini, layanan Go-Jek telah beroperasi di 50 kota di Indonesia. Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, Makassar, Medan, Palembang, Semarang, Batam, dan kota-kota lainnya.

William Tanuwijaya
William Tanuwijaya merupakan salah satu pendiri Tokopedia. William lahir di kota Pematang Siantar, Sumatera Utara. Pria lulusan Universitas Bina Nusantara ini mendirikan Tokopedia pada tahun 2009. Sama halnya Bukalapak, Tokopedia adalah marketplace yang mewadahi para penjual di Indonesia. Tokopedia juga mencatatkan namanya menjadi startup unicorn di tahun 2017. Di tahun pertama didirikan, Tokopedia telah mendapatkan suntikan investasi. Selain itu juga diganjar sebagai startup e-commerce terbaik di Indonesia dari Bubu Awards.

Ferry Unardi
Mungkin nama Ferry Unardi kalah terkenal dengan Nadiem, Ahmad Zaky, maupun William Tanuwijaya. Namun startup yang ia dirikan tak kalah terkenalnya. Ferry Unardi adalah pendiri Traveloka. Traveloka pada saat didirikan hanya sebagai situs pembanding tiket pesawat dan hotel saja. Saat mendirikan Traveloka, Ferry masih berusia 23 tahun. Dengan perkembangannya, saat ini Traveloka memiliki berbagai layanan yang bisa Anda nikmati. Traveloka kini menjadi salah satu leyanan pemesan tiket hotel dan pesawat terbesar di Indonesia.

Itulah lima pendiri startup tanah air yang bisa dibilang sukses. Apakah Anda juga ingin seperti mereka?