Ketika ingin mendirikan startup, maka modal yang harus dmiliki harus banyak dan beragam. Tak hanya modal uang dan ide saja, namun lebih dari sekadar itu. Karena membangun startup bukanlah semudah yang dibayangkan.

Semua startup di dunia pasti memiliki cerita pahit masing-masing. Maka jika ingin mendirikan startup harus diperlukan perencanaan matang, dan juga pengelolaan yang mumpuni agar bisnis atau startup yang dijalankan bisa mencapai kesuksesan.

Perlu diperhatikan adalah bahwa membangun startup itu membutuhkan waktu yang panjang. Di fase inilah adalah fase perjuangan dan harus mengembangkan sekuat tenaga. Tapi, meskipun sudah berjuang ternyata ada hal-hal yang harus diperhatikan agar langkah yang diambil itu sesuai dengan tujuan.

Konsep Perusahaan

Langkah pertama yang harus diambil adalah dengan menentukan konsep perusahaan. Konsep ini mencakup beberapa hal di antaranya adalah visi, misi, serta rencana bisnis yang kuat, sehingga startup atau perusahaan yang dibangun memiliki pondasi yang kokoh. Konsep ini sangat penting karena dengan adanya konsep akan memiliki ‘pegangan’ ketika sewaktu-waktu mendapati banyak kendala.

Barulah kita bisa menciptakan sebuah produk maupun layanan yang berguna bagi masyarakat. Dalam mengembangkan produk atau layanan, disarankan harus memiliki perbedaan dengan perusahaan atau startup yang sudah ada sebelumnya. Jika sama persis, maka layanan yang ditawarkan tak akan bisa berkembang.

Modal
Semua bisnis atau membuat startup pasti akan butuh yang dinamakan dengan modal. Modal itu tidak semuanya uang, akan tetapi skill untuk berbisnis, dan penunjang lainnya. Modal sangat penting dan setiap startup memiliki modal yang berbeda-beda.

Tim Solid
Saat ini adalah eranya kerja sama. Begitupula dalam menjalankan startup juga tidak bisa mengoperasikan sendirian karena kita tetap membutuhkan tim yang solid dan kompak. Terlebih lagi jika tim tersebut memiliki pandangan atau misi yang sama. Oleh karena itu, saat mencari tim harus dibutuhkan kejelian dan informasi sebanyak-banyaknya agar di kemudian hari startup yang dibangun tidak pecah di tengah jalan. Lebih baik lagi adalah cari tim dengan teman main, karena kita sudah tahu luar dan dalam seorang teman.

Sabar dan Jangan Cepat Puas

Jika melihat cerita startup-startup yang telah berhasil di dunia, maka waktu yang dibutuhkan sangat panjang. Karena jalan kesuksesan itu tak semudah membalikkan telapak tangan. Pastinya dalam perjalanan membangun sebuah startup akan menemukan berbagai kendala dan masalah. Di sinilah, mental dan niat kita membangun startup diuji.

Selain itu, ketika sudah berhasil sedikit, jangan cepat puas dan besar kepala. Karena startup itu identik dengan inovasi dan strategi yang diterapkan. Jika sudah berhasil namun tak mau berinovasi, besar kemungkinan startup yang didirikan akan tumbang dan digilas oleh startup lain.