Beberapa tahun terakhir ini banyaknya kemunculan startup di Indonesia berdampak pada banyaknya orang yang mencari tempat kerja untuk usahanya. Melihat tren ini sangat bagus bagi perkembangan ekonomi di Indonesia khususnya perkembangan usaha digital.

Dengan kondisi tersebut banyak bermunculan pula Coworking Space di kota-kota besar di Indonesia. Bagi pelaku dunia digital, Coworking Space sudah diketahui. Akan tetapi bagi sebagian orang, yang awam dengan dunia digital atau startup tentu masih belum familiar dengan Coworking Space.

Sederhanya Coworking Space merupakan tempat kerja bersama. Namun tidak sesimpel itu. Dengan adanya Coworking Space kita dapat bekerja dalam satu ruangan bersama dengan orang lain dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Umumnya yang bekerja di Coworking Space adalah para pelaku usaha yang bergerak di bidang digital.

Selain pelaku usaha digital, pekerja di dalam Coworking Space juga terdapat freelancer, digital nomad, dan mahasiswa, dan lain sebagainya.

Hadirnya konsep Coworking Space ini karena banyaknya pekerja khususnya freelancer dan mahasiswa yang bekerja di kafe atau rumah. Dengan bekerja di kafe atau resto, mungkin terdapat kekurangan, karena tempatnya ramai atau berisik, jadi kerjanya kurang maksimal dan tidak fokus.

Dengan alasan tersebut, maka hadirlah Coworking Space. Jika Anda bekerja di tempat ini, pasti akan menemui desainnya dibuat senyaman mungkin seperti berada di rumah dan kafe. Bisa dikatakan Coworking Space adalah perpaduan antara rumah dan kafe dijadikan tempat kerja. Nyaman sekali bukan?

Lalu apa sih keuntungan bekerja di Coworking Space? Berikut kami hadirkan 5 keuntungannya:

Lingkungan Kerja Kondusif

Bekerja di Coworking Space itu memiliki lingkungan yang kondusif. Lingkungan kerja itu sangat penting bagi seorang pekerja. Karena dengan kondisi tersebut menjadikan faktor hasil kerja seseorang. Jika lingkungan kurang kondusif, kemungkinan pekerjaan Anda akan menghasilkan kerja yang kurang maksimal. Selain itu juga kurang produktif.

5 Keuntungan kerja di Coworking Space
5 Keuntungan kerja di Coworking Space

Berbagi Wawasan ke Pengguna Lain

Networking adalah salah satu hal yang penting dilakukan oleh pelaku startup atau fereelancer. Selain itu, berbagi wawasan atau ilmu juga harus diaplikasikan di Coworking Space. Dengan cara ini selain menambah wawasan, Anda juga bisa memperoleh ilmu baru dari orang lain. Poin tambahan lagi adalah seringnya sharing dengan pengguna lain akan mendapatkan ide-ide baru untuk bisa berkolaborasi dengan pengguna lain.

Peluang Bisnis

Bekerja di Coworking Space memiliki berbagai keuntungan, salah satunya adalah mendapat peluang bisnis. Salah satu contohnya adalah Anda dapat memperoleh informasi paling awal mengenai tempat tersebut saat akan mengadakan workshop. Tak hanya itu, para pengguna Coworking Space biasanya terdapat dari berbagai latar belakang yang berbeda-beda, seperti penulis, programmer, web designer, atau pendiri startup. Dengan konidisi itulah, Anda bisa berkenalan dan di kemudian hari bisa saja untuk membuat bisnis bersama.

Fasilitas Lengkap

Di awal tulisan sudah dikatakan bahwa Coworking Space adalah perpaduan kafe dan rumah, maka Anda dapat menikmati berbagai fasilitas yang terdapat di Coworking Space. Anda seperti berada di perkantoran yang mewah dengan berbagai perlengkapan kantor seperti pencetak dokumen, slide proyektor, ruang meeting, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, mayoritas Coworking Space akan menyediakan berbagai minuman untuk menunjang Anda bekerja.

Masuk ke Radar Media

Keuntungan lain bekerja di Coworking Space adalah tempat ini merupakan sarana promosi yang sangat bagus. Karena beberapa media bekerja di Coworking Space, maka dari itu Anda akan mudah diekspos oleh media. Dan hal ini membuat startup yang Anda dirikan akan mudah dikenal oleh masyarakat.